Jak Japan Matsuri 2010

Jak – Japan Matsuri

Ketika budaya menjadi jembatan persahabatan antar dua negara

Budaya adalah salah satu unsur dari suatu bangsa yang dapat mempererat tali persahabatang dengan bangsa lain. Melalui budaya, suatu bangsa dapat memperkenalkan suatu bangsa dengan bangsa lain sehingga kedua Negara dapat mempererat tali persahabatan mereka

Tanggal 26 September hingga 03 Oktober 2010 kemarin. JJM (Jak Japan Matsuri) kembali diadakan untuk kedua kalinya. Acara yang diadakan berkat kerjasama antara Kedutaan besar Jepan dengan pemereintah Kota DKI Jakarta ini sekaligus menjadi perayaan 50 tahun hubungan diplomatic Indoseia dengan Jepang.

Para peserta dan panitia JJM tetap bersemangat walau hari itu lapangan tengah banjir karena hujan deras

Matsuri sendiri berarti festival atau perayaan dalam bahasa Jepang. Acara Jak Japan Matsuri 2010 beberapa tempat. Didalam matsuri ini banyak acara-acara yang sangat menarik, terutama saat hari penutupan acara Jak Japan Matsuri 2010 yang berlangsung di lapangan selatan Monas ini sangat ramai oleh mereka yang memang sudah menantikan acara ini atau para warga yang ingin sekedar melihat-lihat. Acara yang baru dimulai pukul 12.00 itu sudah ramai oleh pengunjung sejak pukul 10.00, acara dimulai dengan opening yang merupakan sambutan dari Shiojiri Kojiro, bersama Ketua Panitia JJM 2010 dilanjutkan oleh berbagai acara pertunjukan kebudayaan oleh kedua Negara (Indonesia–Japan). Dari mulai Taiko (pertunjukan menabuh drum), tarian-tarian tradisional Jepang dan kolaborasi tarian Indonesia-Jepang, pertunjukan music, drama, cosplay, dll. Disamping acara-acara tersebut, dilokasi pun banyak stand-stand yang menjual berbagai barang khas kedua Negara, dari mulai pakaian, jajanan khas masing-masing, hingga stand para sponsor yang menjajahkan barang mereka. Walau pun pada saat acara berlangsung hujan turun dengan deras, namun itu tidak menjadi kendala untuk para pengunjung dalam menikati acara. Acara ditutup dengan Bon-Odori dan pesta kembang api. Dengan diadakannya acara semacam ini, diharapkan warga kedua Negara dapat saling mempererat persahabatan kedua Negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s